L O A D I N G
blog banner

Kebab shami


Kebab Shami tampaknya diciptakan oleh koki yang sangat terampil untuk Nawab dari Lucknow yang ompong. Nawab begitu gemuk karena terlalu memanjakannya sehingga dia tidak bisa menunggang kuda, dan giginya semua hilang, mungkin karena alasan yang sama. Jadi seekor kebab dibuat sangat halus sehingga tidak membutuhkan gigi untuk memakannya. Ketika saya mendengar cerita seperti itu, saya cenderung berpikir, ‘Jika Anda percaya itu, Anda akan percaya apa pun.’ Tapi sekali lagi, itu adalah cerita yang bagus, dan begitu juga kebab – halus seperti sutra dan diisi dengan hanya sedikit halus cincang bawang, mint dan cabai hijau.
Bahan

90g / 3¼oz chana dal, direndam dalam air dingin selama sekitar satu jam
2 bawang sedang, cincang kasar
8 siung bawang putih
60g / 2¼oz jahe segar, dicincang kasar
2 sdm ghee atau minyak sayur
500g / 1lb 2oz domba cincang
1 sdt garam
3 cabai hijau segar, cincang kasar
segel daun ketumbar, cincang
1 sdt garam masala
½ sdt bubuk cabai Kashmiri
½ sdt jintan hitam (shahi zeera) atau biji jintan biasa
1 jeruk nipis, jus saja
1 butir telur, dikocok ringan
sekitar 2 sdm tepung terigu, untuk diikat
minyak sayur, untuk menggoreng dangkal

Untuk mengisi

1 bawang merah sedang, cincang halus
1 jeruk nipis, jus saja
1 cabai hijau segar, cincang halus
segenggam daun mint, parut halus
¼ sdt gula pasir
¼ sdt garam

Melayani

2 jeruk nipis, potong menjadi empat bagian
1 bawang merah, potong cincin cincin
5 sdm chutney hijau (tersedia di supermarket Asia)

metode

Kuras kacang polong dan sisihkan.

Masukkan bawang bombai, bawang putih, jahe, dan dua sendok makan air ke dalam food processor mini dan aduk hingga rata.

Panaskan ghee atau minyak dalam panci berbasis berat di atas api sedang, tambahkan pasta bawang dan masak selama sekitar 10 menit. Aduk cincang daging domba dan kacang polong, tuangkan di atas air yang cukup untuk hanya menutupi daging (sekitar 400ml / 14fl oz), tambahkan setengah sendok teh garam, tutup sebagian dengan tutup dan didihkan. Masak selama 20 menit kemudian lepaskan tutupnya dan masak selama 5-10 menit, atau sampai dagingnya mulai kecoklatan dan tangkap di bagian bawah. Sangat penting bahwa setiap kelembaban yang berlebih menguap. Pindahkan ke piring dan biarkan dingin selama sekitar 15 menit.

Tip campuran ke dalam food processor dan campur menjadi pasta halus. Tambahkan cabai hijau, ketumbar, garam masala, bubuk cabai, jinten, sisa garam dan jus jeruk nipis ke dalam campuran daging domba dan haluskan lagi, kemudian secara bertahap tambahkan cukup telur untuk mengikat campuran tanpa membuatnya terlalu basah. Pindahkan campuran ke dalam mangkuk dan aduk tepung.

Dalam mangkuk terpisah, campur semua bahan pengisi dan tiriskan cairan yang berlebih.

Untuk membentuk kebab, basahi tangan Anda dan bagi campuran menjadi sekitar 16-20 porsi. (Jika campuran agak terlalu basah untuk dibentuk menjadi roti, tambahkan satu sendok makan tepung lagi.) Bentuk satu bagian menjadi patty berdiameter sekitar 4cm / 1½in dan tebal 5mm. Sendok tiga perempat sendok teh isian di tengah patty, dan gambar ujung-ujungnya di sekeliling dan di atasnya untuk membungkus isian dan membentuk bola kasar. Kemudian, hati-hati, ratakan menjadi patty setebal 5mm. Tempatkan di atas nampan dan ulangi dengan sisa campuran. Dinginkan selama satu jam.

Panaskan beberapa sendok makan minyak dalam wajan berbasis berat dengan api sedang. Goreng roti dalam batch selama 2-3 menit di setiap sisi, atau sampai berwarna cokelat keemasan dan matang. Angkat roti dari wajan dan tambahkan seperempat jeruk nipis selama 1-2 menit sampai hangat.

Taburkan kebab dengan sedikit garam dan sajikan dengan irisan jeruk nipis, cincin bawang merah dan chutney hijau di sampingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


27 Jan, 2019

es loli Pimms